SAMBUTAN KETUA PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI

Assalamu’alaykum Wr. Wb.

Salam Komunikasi,

Selamat datang di website resmi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Sahid Surakarta. Kami adalah program studi yang sedang berkembang di Kota Solo, berdiri sejak September 2002 dengan izin operasional nomor 10894/D/T/K–VI /2012, berada di bawah Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni (FAK SOSHUMAS) dengan konsentrasi Hubungan Masyarakat (Public Relations) dan Jurnalistik. Terakreditasi B berdasarkan SK Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) No. 197/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/I/IX/2013

Era disrupsi teknologi informasi dan komunikasi saat ini mampu membawa banyak perubahan sosial pada semua sektor kehidupan, baik pola interaksi masyarakat, maupun pola konsumsi media dari media konvensional (mainstream) beralih ke media baru (new media) berupa media online ataupun media sosial (social media). Teknologi komunikasi dan informasi bagai pisau bermata dua, mendatangkan dampak positif dalam pemanfaatannya tetapi pada saat yang bersamaan mampu mendatangkan dampak negatif. Realita ini menjadi sebuah tantangan bagi kami Program Studi Ilmu Komunikasi agar dapat menghasilkan lulusan atau sarjana yang cerdas, kritis dan beretika dalam memanfaatkan kecanggihan teknologi yang sangat massif ini.

Kami sangat menyadari akan pentingnya kompetensi dan keterampilan bidang komunikasi kehumasan (public relations) dan Jurnalistik sebagai upaya pemenuhan kebutuhan pasar  di tengah tingginya tingkat persaingan di Era Masyarakat Ekonomi Asia (MEA) yang sudah memasuki Indonesia sejak 01 Januari 2016. Oleh karena itu, Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Sahid Surakarta berupaya menghasilkan lulusan atau sarjana yang berkualitas, profesional, mandiri, berbudaya, berjiwa kewirausahaan serta memiliki daya saing pada bidang komunikasi hubungan masyarakat (Public Relations) dan Jurnalistik.

Demikian, kami berharap lulusan kami mampu berkompetisi di dunia kerja baik Nasional maupun Internasional. Konsep utama kami dalam mewujudkan Visi dan Misi serta Tujuan program studi adalah Menciptakan Sumber Daya Manusia Indonesia yang cerdas, kreatif, dan Inovatif melalui pengembangan dan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu; Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Prodi Ilmu Komunikasi Usahid Solo, Langkah Meraih Kesuksesan…

 

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Surakarta, 21 Februari 2018

Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi

 

 

Rosanah, S.S., M.I.Kom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *