PRAKTIK MEMBUAT VIDEO BLOG

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Sahid Surakarta, Jumat (29/11/2019) praktik membuat video blog atau biasa kita kenal dengan sebutan Vlog. Para mahasiswa belajar sekaligus praktik bersama dengan Jurnalis CNN, Kartika Bagus, dan juga Youtuber asal Solo sekaligus citizen journalist, Is Ariyanto.


Video blog bukan lagi hal baru, dan kini bahkan seolah menjadi bagian dari gaya hidup. Praktik Vlog dapat kita lihat bertebaran di media sosial seperti Instagram, Youtube dan berbagai platform lainnya. Materi Vlog sangat beragam mulai dari traveling, kegiatan yang sifatnya seremonial, cerita pengalaman pribadi, tips, hingga hal-hal yang sifatnya simpel atau sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Menariknya, Vlog tidak hanya dapat dijadikan sebagai promosi barang, tempat, dan juga personal branding namun dapat menghasilkan uang melalui endorse atau juga adsense. Berbagai kompetisi banyak digelar dengan menggunakan Vlog sebagai kemasan penyampai materi kompetisi. Karena itulah, praktik membuat Vlog menjadi hal yang menarik dan juga perlu, bagi para generasi saat ini, tak terkecuali para mahasiswa Ilmu Komunikasi Usahid. Is Ariyanto adalah salah satu contoh citizen journalist yang memenangkan banyak penghargaan dari keikutsertaan lomba video blog.

“Nge-vlog sudah bukan hal yang aneh lagi, namun sedikit yang tahu bagaimana memanfaatkan hasil Vlog kita. Yang biasa ya hanya jadi update status di Medsos. Padahal kalau Vlog dikelola dengan baik bisa menjadi personal branding yang sangat baik,” papar Is Ariyanto.

Untuk menghasilkan vlog yang bagus dan juga menarik, tentu perlu persiapan yang baik pula. Di antaranya adalah riset obyek yang akan dijadikan bahan vlog. Riset ini menjadi hal penting dan sangat berharga, sehingga kupasan yang disajikan dalam Vlog, penuh dengan isi dan tidak terkesan asal-asalan. Sementara untuk menghasilkan Vlog berkualitas baik, kata Jurnalis CNN, Kartika Bagus, tidak harus menggunakan peralatan mahal. Telepon seluler dapat menjadi alat praktis, selama pengguna paham tentang komposisi gambar, pencahayaan, dan segala hal berkenaan teknis pengambilan gambar bergerak. (Erwin Kartinawati/*).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *